Home » » tugas CYBER PR

tugas CYBER PR

Internet, sebagaimana media lainnya, memiliki potensi keuntungan dan kelemahan dalam penggunaannya. Keuntungan dan kelemahan internet antara lain ditunjukkan dalam tabel berikut.
Potensi Keuntungan Penggunaan Internet
1. Jangkauan secara global/dunia
2. Mempertinggi kekuatan Public Relations
3. Banyaknya informasi yang tersedia
4. Mengembangkan investor relations
5. Mempertinggi kontak dengan media
6. Mempertinggi pengaruh manajemen
7. Riset lebih murah
8. Biaya rendah dengan adanya email
9. Akses yang mudah
10. Biaya efisien, menghemat secara finansial
11. Informasi ter-update dan aktual
12. Keuntungan yang kompetiitf
13. Menghemat kertas

Potensi Kelemahan Penggunaan Internet:
1. Terlalu banyak hype
2. Isi yang tidak dapat dikontrol
3. Tidak beraturan
4. Perlu biaya untuk maintenance
5. Lamban untuk online
6. Terlalu banyak email
7. Membuang waktu
8. Terlalu kacau
9. Terlalu terbuka/open
10. Terlalu dikendalikan pasar

ONLINE PUBLIC RELATIONS

Esensi dari Public Relations adalah menyampaikan informasi dan esensi dari Online Public Relations adalah percepatan informasi. Beberapa hasil riset menunjukkan beberapa hal yang terjadi di perusahaan berkaitan dengan adanya penggunaan media online/internet di operasional perusahaan. Hasil riset MCI Communication Corporation yang dipimpin oleh The Institute for Public Relations, menyebutkan antara lain:
1. Ada banyak pemanfaatan internet yang benar di dalam perusahaan antara lain untuk kepentingan marketing, perekrutan pegawai, hubungan finansial, dan riset
2. Internet, termasuk intranet dan eksternet, mampu mengubah bagaimana sumber-sumber komunikasi/PR menyebar di perusahaan
3. Internet telah mengubah cara banyak perusahaan dalam menangani kontak pers dan kegiatan yang berhubungan dengan media relatios

Layanan Online Public Relations setidaknya antara lain monitor berita online, promosi secara online, analisa brand, riset, kompetitor, industri, mencari tahu posisi perusahaan, relasi media, pengembangan kerjasama dengan situs komplimentari, manajemen krisis, intranet/ekstranet, dan proses Public Relations. Dengan demikian, internet jika dimanfaatkan dengan efektif dan benar dapat menyumbangkan banyak sekali keuntungan dan kemudahan dalam persaingan global saat ini.

Dengan internet, perusahaan memiliki kemampuan berkomunikasi lebih tinggi dan memiliki nilai tambah yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. Internet, baik intranet maupun ekstranet, merepresentasikan tampilan paradigma dan media komunikasi baru di dalam komunikasi perusahaan. Internet membuka pintu untuk komunikasi dua arah antara perusahaan dan publiknya. Public Relations yang menggunakan media online yang untuk seterusnya disebut dengan Online Public Relations, menguntungkan perusahaan dalam mencari relasi dengan customer individu dan keypersons yang secara langsung memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan dan kesuksesan organisasi/perusahaan. Kebanyakan organisasi atau perusahaan akan memiliki beberapa kalangan publik, antara lain konsumen, staf, media, masyarakat/komunitas umum, investor/sharefolders, analis pasar, pemerintah dan lain-lain. Karena itu seorang Public Relations Officer harus mampu mengontrol semua isi pesan yang dikomunikasikan secara korporat dan memenuhi kebutuhan informasi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

Press

Flickr Images

Like us on Facebook

Follow Us

Video Of the Day

Facebook

 
Copyright © 2015 everyday is my day
Distributed By Gooyaabi Templates