Internet, sebagaimana media lainnya, memiliki potensi
keuntungan dan kelemahan dalam penggunaannya. Keuntungan dan kelemahan internet
antara lain ditunjukkan dalam tabel berikut.
Potensi Keuntungan Penggunaan Internet
1. Jangkauan secara global/dunia
2. Mempertinggi kekuatan Public Relations
3. Banyaknya informasi yang tersedia
4. Mengembangkan investor relations
5. Mempertinggi kontak dengan media
6. Mempertinggi pengaruh manajemen
7. Riset lebih murah
8. Biaya rendah dengan adanya email
9. Akses yang mudah
10. Biaya efisien, menghemat secara finansial
11. Informasi ter-update dan aktual
12. Keuntungan yang kompetiitf
13. Menghemat kertas
Potensi Kelemahan Penggunaan Internet:
1. Terlalu banyak hype
2. Isi yang tidak dapat dikontrol
3. Tidak beraturan
4. Perlu biaya untuk maintenance
5. Lamban untuk online
6. Terlalu banyak email
7. Membuang waktu
8. Terlalu kacau
9. Terlalu terbuka/open
10. Terlalu dikendalikan pasar
ONLINE PUBLIC RELATIONS
Esensi dari Public Relations adalah menyampaikan informasi
dan esensi dari Online Public Relations adalah percepatan informasi. Beberapa
hasil riset menunjukkan beberapa hal yang terjadi di perusahaan berkaitan
dengan adanya penggunaan media online/internet di operasional perusahaan. Hasil
riset MCI Communication Corporation yang dipimpin oleh The Institute for Public
Relations, menyebutkan antara lain:
1. Ada banyak pemanfaatan internet yang benar di dalam
perusahaan antara lain untuk kepentingan marketing, perekrutan pegawai,
hubungan finansial, dan riset
2. Internet, termasuk intranet dan eksternet, mampu mengubah
bagaimana sumber-sumber komunikasi/PR menyebar di perusahaan
3. Internet telah mengubah cara banyak perusahaan dalam
menangani kontak pers dan kegiatan yang berhubungan dengan media relatios
Layanan Online Public Relations setidaknya antara lain
monitor berita online, promosi secara online, analisa brand, riset, kompetitor,
industri, mencari tahu posisi perusahaan, relasi media, pengembangan kerjasama
dengan situs komplimentari, manajemen krisis, intranet/ekstranet, dan proses
Public Relations. Dengan demikian, internet jika dimanfaatkan dengan efektif
dan benar dapat menyumbangkan banyak sekali keuntungan dan kemudahan dalam
persaingan global saat ini.
Dengan internet, perusahaan memiliki kemampuan berkomunikasi
lebih tinggi dan memiliki nilai tambah yang membedakannya dengan perusahaan
lainnya. Internet, baik intranet maupun ekstranet, merepresentasikan tampilan
paradigma dan media komunikasi baru di dalam komunikasi perusahaan. Internet
membuka pintu untuk komunikasi dua arah antara perusahaan dan publiknya. Public
Relations yang menggunakan media online yang untuk seterusnya disebut dengan
Online Public Relations, menguntungkan perusahaan dalam mencari relasi dengan
customer individu dan keypersons yang secara langsung memiliki pengaruh
terhadap keberlangsungan dan kesuksesan organisasi/perusahaan. Kebanyakan
organisasi atau perusahaan akan memiliki beberapa kalangan publik, antara lain
konsumen, staf, media, masyarakat/komunitas umum, investor/sharefolders, analis
pasar, pemerintah dan lain-lain. Karena itu seorang Public Relations Officer
harus mampu mengontrol semua isi pesan yang dikomunikasikan secara korporat dan
memenuhi kebutuhan informasi mereka.
0 komentar:
Posting Komentar