STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MERAIH KONSUMEN DI FLO DISTRO
TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat Sidang Tugas Akhir Program Diploma Tiga Politeknik LP3I Bandung
Oleh:
Yully Satibhi Wibowo
NIM: 201304077
POLITEKNIK LP3I BANDUNG
PRODI HUBUNGAN MASYARAKAT
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komunikasi bisnis adalah suatu lingkup luas dalam bisnis, terutama dalam hal pemasaran. Hal ini dioptimalkan untuk berbagi dan memperluas informasi dan kesepakatan, salah satu cara efisien untuk mempromosikan produk dan jasa. Pengusaha menggunakan teknik komunikasi yang efektif untuk menangani interaksi korporasi yang kompleks, keterlibatan masyarakat, manajemen dan komunikasi global. Esensi dan keberhasilan setiap hubungan terletak pada komuunikasi yang efektif dan dalam dunia bisnis hal itu adalah unsur utama untuk meraih keuntungan. Komunikasi bisnis dalam usaha setiap dasarnya bertarget pada promosi suatu produk atau jasa. Sama halnya dengan peran komunikasi pada salah satu kegiatan bisnis yang sedang marak pada saat ini, yaitu bisnis Distro. Kehadiran distro di kota-kota besar telah menjadi alternatif tempat berbelanja yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Salah satunya distro tempat berbelanja di mana belakangan ini makin dikenal dan banyak dikunjungi oleh masyarakat khususya kalangan muda. Setiap tempat yang ada memberikan suatu pelayanan yang berbeda-beda dalam menarik minat pelanggannya.
Dulu distro hanya sebatas tempat berbelanja anak muda khususnya kaum pria. Padahal tidak selalu distro seperti itu, distro juga saat ini menyajikan produk wanita. Distro adalah salah satu daya tarik terbesar di Indonesia. Bandung mendapatkan julukan surganya belanja turis lokal maupun mancanegara, karena untuk menemukan distro di Bandung tidaklah sulit, karena di Bandung sangat banyak distro yang telah mempunyai nama besar serta kualitas bagus.
Flo Distro Corps sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang clothing dan sudah cukup lama di Bandung. Pelopor pendiri Flo Distro Corps adalah Bapak Ozzy Rizkiansyah, beliau juga adalah seorang pecinta mode. Flo Distro Corps didirikan pada tanggal 8 April 2008 yang berlokasi di Jl. Trunojoyo No.6 Bandung yang hingga saat ini masih tetap eksis di dalam bisnis clothing.
Perkembangan dan sistem perekonomian semakin maju, hal ini mengakibatkan persaingan yang sangat ketat di dunia usaha. Untuk tetap bisa bertahan dan berkembang didalam menghadapi persaingan yang semakin kuat Flo Distro Corps harus menjaga kualitas jasa dan mengomunikasikan usaha dengan tepat sehingga memunculkan peluang bagi perusahaan untuk berkembang dan mengungguli pesaing-pesaingnya dan juga dapat memaksimalkan dalam memasarkan usahanya.
Untuk mengelola hubungan baik dengan publik eksternal, Flo Distro Corps melalui humasnya melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membina hubungan yang harmonis dengan publiknya. Hubungan tersebut dilakukan secara kontinyu sehingga akan bertahan lama. Flo Distro Corps memanfaatkan media komunikasi massa melalui internet. Flo Distro Corps memiliki website dan juga facebook untuk masyarakat pada umumnya dan juga anggota komunitas Flo Distro Corps pada khususnya. Media ini dimanfaatkan sebagai media informasi dan media bertukar pikiran ataupun pengalaman.
Untuk lebih mengetahui bagaimana proses penerapan strategi komunikasi dalam meraih konsumen, maka Penulis mencoba mengambil judul “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MERAIH KONSUMEN DI FLO DISTRO”.
0 komentar:
Posting Komentar